Jajal Pendakian Tambora via Piong, Intip penerapan SNI 8748:2019

Bagikan

5 November 2021 kami dari BPPTHHBK Mataram melakukan kunjungan ke Taman Nasional Gunung Tambora melalui Jalur pendakian Resort Piong. Pendakian di piong sangat berbeda dengan pendakian gunung lain pada umumnya. Jalur piong menawarkan sensasi yang berbeda, mulai dari titik 0 mdpl sampai 2415 mdpl puncak tertinggi tambora disuguhi rerumputan hamparan savana sejauh 27 kilometer dan sesekali menemukan pohon berukuran besar.

Diawal pendakian pada sore sampai permulaan malam hari perjalanan diiringi suara hewan sapi yang berkeliaran sambil merumput. Saat siang hari tiba jangan harap dapat melihat pemandangan hewan sapi merumput. Mereka lebih baik sembunyi di bawah semak, menahan lapar, daripada haus kepanasan karena terpaan sinar manahari.  

Jalur Piong merupakan satu-satu nya jalur pendakian gunung yang ada di Indonesia yang hanya dapat dilakukan dengan berkendara. Waktu tempuh yang diperlukan mulai pintu masuk sampai pos 5 sekitar 3-4 jam dengan berkendara menggunakan mobil roda 4 type khusus 4 x4 atau roda dua trail, kemudian 1-2 jam pendakian dengan jalan kaki dari pos 5 menuju puncak.

Dibandingkan dengan pendakian jalan kaki, pendakian menggunakan kendaraan harus lebih hati-hati dan mempersiapkan diri lebih exstra, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu penerapan standar SNI 8748:2019 Pengelolaan Pendakian Gunung mutlak harus di pedomani.

SNI pendakian sangat penting dipatuhi untuk mewujudkan pengelolaan pendakian dan kawasan yang baik, yaitu memenuhi rasa aman, nyaman, serasi dan selaras dengan alam serta berkelanjutan, bagi pendakinya maupun hutan beserta mahluk hidup lainnya yang terdapat di lingkungannya.


Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top