Tanam 25000 Mangrove Seluruh Indonesia

Bagikan

Kegiatan penanaman mangrove serentak di Desa Persiapan Empol, Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat pada 25 April 2024 merupakan lanjutan dari 4 kegiatan serupa di wilayah NTB yang telah dilaksanakan mulai dari bulan Desember 2023. Kegiatan yang dimotori oleh BPDAS Dodokan Moyosari ini mengangkat tema “Menuju Ketahanan Pangan, Air dan Energi Indonesia”. Kegiatan penanaman serentak di Provinsi NTB kali ini dipimpin oleh Kepala BSILHK didampingi Kepala Pusfaster BSILHK.
Hadir dalam agenda tersebut Staf Ahli Gubernur NTB bidang Sosial Kemasyarakatan, Kapolres Lombok Barat, Dandim Lombok Barat, Dinas LHK Provinsi NTB, UPT Kementerian LHK lingkup Provinsi NTB, TNI/POLRI, Pokdarwis Bagik Kembar, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar dengan jumlah peserta sekitar 250 orang.

Pada hari ini, dilakukan penanaman mangrove sebanyak 1.000 batang dari jenis Rhizophora sp. yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Menteri LHK dalam arahannya melalui zoom menyampaikan fasilitasi oleh negara/pemerintah kepada masyarakat atau swasta terhadap kegiatan kegiatan terkait lingkungan, perlu ditingkatkan.
Kedepan, masyarakat akan mendapatkan reward dari hasil penanaman/pemeliharaan lingkungan melalui nilai jualnya (misalnya karbon).
Selain itu Ibu Menteri menyampaikan bahwa kegiatan penanaman akan dilakukan selama musim hujan, sesuai arahan Presiden RI.
Kegiatan ini selain berdampak baik bagi bumi, juga mempersiapkan lingkungan yang baik bagi generasi muda mendatang.

Staf Ahli Gubernur NTB bidang Sosial dan Kemasyarakatan dalam kesempatan membacakan sambutan Pj. Gubernur NTB menyampaikan bahwa menanam mangrove artinya menanam harapan akan keberlanjutan hidup dan lingkungan kita masa yang akan datang.
Kegiatan ini juga mendukung sektor pariwisata pesisir di wilayah NTB.
Selanjutnya Kepala Badan Standardisasi Instrumen LHK menyampaikan mangrove punya banyak manfaat dan punya keistimewaaan karena mampu menyerap karbon 2 sampai 3 kali dari tanaman di lahan kering.
Kegiatan penanaman ini merupakan cara kita membangun harmoni dengan alam dengan harapan lingkungan tetap terjaga secara berkelanjutan.
Dengan kegiatan ini kita berharap masa depan hijau melalui partisipasi aktif seluruh pihak untuk terwujudnya lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan.


Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top